bordertownSatu lagi sebuah film yang berangkat dari kisah nyata yang saya saksikan di bulan ini: Bordertown. sebuah film yang mengisahkan kelamnya kehidupan wanita di Mexico, khususnya mereka yang bekerja di pabrik-pabrik hingga larut malam.

mirisnya kehidupan mereka bukanlah karena kehidupan pabrik dengan upah yang sangat kurang. yang berbahaya bukanlah ketika di dalam pabrik. namun, dalam perjalanan pulang, ancaman pemerkosaan dan pembunuhan di daerah-daerah sepi menghantui para wanita itu.

Jennifer Lopez berperan sebagai wartawan sebuah media terkemuka di Amerika yang ditugaskan untuk mencari tahu kebenaran isu tersebut. di Mexico, ia bertemu dengan kawan lamanya yang kini telah menjadi surat kabar lokal. kehidupan wartawan di sana begitu keras. ancaman kematian tiap hari mereka temui. pemerintah pun seringkali turut campur dalam pemberitaan. menggambarkan bagaimana kehidupan pers Indonesia di masa lalu.

singkat cerita, Jennifer mesti mengurai isu tersebut dan menuliskannya dalam sebuah berita. ia pun mesti melalui kehidupan yang keras. banyak konflik yang mesti ia hadapi, menggambarkan bagaimana kerja seorang wartawan. ia harus melawan seorang kriminal, redakturnya, dan rasa takut dalam dirinya sendiri.