Daniel Lewis sukses memerankan seorang monster dalam There Will be Blood. Jangan berpikir bahwa daniel di-make up sedemikian rupa sehingga tampil seperti Godzilla. Dalam film ini Daniel bermain sebagai Daniel Plainview, seorang pengusaha minyak yang tamak dan serakah, monster yang nyata-nyata hadir dalam diri setiap individu.

Daniel mengetahui sebuah tempat terpencil yang ternyata memiliki cadangan minyak yang besar. Dengan dalih akan membangun kota yang makmur, Daniel berhasil meyakinkan warga kota untuk menjual tanahnya.

Daniel adalah seorang atheis. Ketika seorang pendeta muda bernama Eli menawarkan jasanya untuk memberkati tambang minyaknnya, Daniel menolak. Kejadian-kejadian buruk pun datang. Dari mulai tewasnya seorang pekerja hingga meledaknya salah satu oil derrick yang menyebabkan H.W. (anak Daniel) kehilangan indera pendengaran.

Rasa putus asa akan kecacatan anaknya membuat Daniel membuang anaknya. Dia tidak menyesali tindakannya ketika meninggalkan anaknya dalam sebuah kereta yang pergi meninggalkan kota itu.

Tak berhenti di situ, ‘monster’ dalam diri Daniel semakin buas. Hingga akhir cerita, kita akan menemukan bagaimana ‘monster’ tersebut menjadikan dirinya berkuasa hingga sisi kemanusiaan Daniel hilang.