Penulis : Shoko Tendo

Penerbit : Gagas Media

Halaman : 245 halaman

Yakuza Moon adalah sebuah buku yang berisi kisah hidup seorang perempuan yang terlahir dari keluarga yakuza. Keluarga yakuza seringkali dianggap sebagai orang-orang buangan dalam masyarakat. Anak-anak mereka pun menjadi korban.

Tendo yang seringkali menerima perlakuan buruk dari lingkungannya menjadi seorang anak berandalan. Ia mulai menghirup thinner, memukuli dan dipukuli orang, serta terlibat dalam hubungan seks. Ironis, pada usia 12 tahun, ia telah kehilangan keperawanannya.

Ia pun tumbuh menjadi wanita yang selalu dikelilingi kekerasan. Ia bekerja sebgai hostes di sebuah bar. Acap kali ia berhubungan dengan lelaki yang telah beristri. Ia hanya dijadikan wanita simpanan dan kerap menerima perlakuan kasar dari mereka.

Suatu ketika, ia menato tubuhnya. Gambar yang dipilih adalah Jigoku Dayu, seorang pelacur kelas atas di era Muromachi. Dayu adalah tokoh nyata. Pada era Muromachi, kehidupan pelacur adalah kehidupan yang keras. Mereka mesti bekerja keras untuk menebus hidup mereka atau menarik hati seorang saudagar untuk membebaskan mereka. Tendo merasakan hal yang sama terjadi pada dirinya. Sejak Dayu berada di balik punggungnya, Tendo berubah menjadi wanita yang ambisius. Ia pun kembali bersemangat pada hidupnya dan memilih untuk berusah merubah hidupnya.

Pernikahannya dengan Taka, seorang yakuza, bukanlah sesuatuyang indah. Saat itu, keluarga mereka tengah mengalami kebangkrutan. Ayahnya terlilit hutang sementara ibunya sakit-sakitan. Kakaknya yang menikah dengan seorang penjudi menambah kesulitan Tendo. Kakaknya selalu meminjam uang untuk menghidupi seorang anak sementara suaminya tidak bertanggung jawab dan berada dalam lilitan hutang.

Kematian ibunya membuat Tendo kehilangan semangat. DIa kehilangan sosok ibu yang tegar yang selalu berada di bawah kejantanan suaminya. Tak lama kemudian, ayahnya meninggal. Kematian ayahnya memberikan reaksi yang berbeda terhadap diri Tendo. Ia menjadi bersemangat untuk melanjutkan hidup dengan melupakan masa lalunya. Perceraiannya dengan Taka semakin memantapkan hatinya untuk menghapus yakuza dalam hidupnya dan menggapai identitas dirinya.

Hm. Sebuah memoar yang membawa kita menapaki kepedihan hidup seorang manusia yang diasingkan lingkungannya. Kita akan dibawa menunggangi roller coaster untuk mendaki dan menuruni konflik-konflik yang hadir secara berirama. Sebuah rekor tersendiri bagi saya yang membaca buku setebal 245 halaman hanya dalam 5 jam! Wow. Baru sekali ini saya membaca buku tanpa berhenti yang mungkin juga dipengaruhi ketiadaan kegiatan pada hari itu. He..