Siapa tak kenal Doraemon dan Nobita? Kedua sahabat yang sejak tahun 1990 dikenalkan kepada anak-anak Indonesia. Kali ini Doraemon dan Nobita bertualang di sebuah planet di mana penghuninya adalah binatang yang telah berevolusi seperti manusia.

Dikisahkan, di dimensi lain dunia ini terdapat dua buah planet yang salah satunya adalah milik para binatang sementara planet yang lainnya adalah milik manusia yang nyaris hancur. Para binatang yang datang meyakini mereka telah diberi planet oleh Tuhan yang sebenarnya adalah seorang ilmuwan. Ilmuwan itu mengirim mereka untuk menyelamatkan mereka dari kekejaman manusia.

Setelah beberapa tahun, manusia menginginkan plsnet yang dihuni para binatang tersebut sehingga pecahlah sebuah perang antara manusia dan binatang. Doraemon dan kawan-kawan tentunya berada di pihak yang baik dengan menolong para binatang menghadapi manusia.

Seperti biasa kita akan disuguhi oleh keajaiban alat-alat yang keluar dari kantung ajaib Doraemon. Selain itu, kita pun akan menyaksikan bagaimana kecanggihan dunia binatang yang ternyata telah jauh meninggalkan bumi dalam hal perlakuan mereka terhadap lingkungan hidup. Bagaimana mereka bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam dan benar-benar menjaga kelestarian lingkungan.

Nampaknya film ini sedang berusaha mengajarkan kepada anak-anak akan pentingnya menjaga lingkungan. Namun, tak ada salahnya bagi kita yang telah dewasa untuk ikut menonton. Siapa tahu film ini bisa dan menggugah rasa sayang kita kepada bumi di saat isu pemanasan global dianggap seperti seorang selebritis yang selingkuh. phew..